Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran PKN di SDN 3 Sidoluhur

Handayani, Sri Rejeki (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran PKN di SDN 3 Sidoluhur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SRI REJEKI HANDAYANI NPM. 1801052027 - Sri rejeki Handayani.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 3 Sidoluhur. Berdasarkan observasi yang dilakukan, rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan kurangnya metode yang bervariasi, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik, dan siswa menganggap PKn merupakan pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan penerapan model contextual teaching and learning.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas III SD N 3 Sidoluhur yang berjumlah 21 siswa. Prosedur yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SD N 3 Sidoluhur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data presentase angka ketuntasan siswa dalam mengerjakan soal tertulis pada siklus I sebesar 55% dan siklus 75,23%. Dengan demikian penerapan model contextual teaching and learning mengalami peningkatan pada mata pelajaran PKn kelas III SD N 3 Sidoluhur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:53
Last Modified: 14 Jul 2022 02:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item