Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Rumah Makan Pindang Seruit dalam Mengahadapi Persaingan Usaha Kuliner di Gunung Sugih Lampung Tengah

Yuliani, Siska (2022) Analisis Strategi Pemasaran Rumah Makan Pindang Seruit dalam Mengahadapi Persaingan Usaha Kuliner di Gunung Sugih Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SISKA YULIANI-1702040088-2 - Siska Yuliani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pada era saat ini konsumsi sudah menjadi gaya hidup dalam masyarakat salah satunya konsumsi terhadap makanan. Semakin banyaknya usaha yang berkembang khususnya dibidang kuliner membuat persaingan semakin ketat. Sehingga tidak semua usaha kuliner mampu bertahan lama dan mengalami kebangkrutan yang disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kurang efektifnya strategi pemasaran yang digunakan. Peneliti mengambil objek Rumah Makan Pindang Seruit, masalah yang dihadapi saat ini adalah banyaknya masyarakat yang membuka usaha khususnya dibidang kuliner dan hampir setiap rumah makan menawarkan menu-menu yang sama dengan tempat usahanya. Oleh karena itu strategi yang tepat harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha guna menghadapi persaingan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dapat dianggap sebagai pendekatan luas atau metode untuk pengumpulan data kualitatif. Metode dalam penelitian peneliti menggunakan kualitatif. Sedangkan pada penggabungan data menerapkan wawancara serta dokumentasi. Adapun penggabungan data yang dilakukan melalui wawancara yaitu dengan melakukan wawancara terhadap owner, pegawai dan pelanggan. Hasil penelitian yang diterima berdasarkan penelitian ini adalah Rumah Makan Pindang Seruit telah menggunakan program pemasaran berupa paduan pemasaran yakni komoditas yang baik, mutu yang cukup bersaing, tempat yang strategis, sumber daya manusia yang mendukung dan memberikan fasilitas yang memuaskan pada konsumen. Akan tetapi ada satu faktor yang belum berjalan dengan maksimal yaitu promosi, karena kurang aktif pada penggunaan sosial media (WhatsApp, Intagram dan Facebook). Pada analisis SWOT kekuatan Rumah Makan Pindang Seruit lebih mendominasi dibandingkan dengan kelemahan yang ada dan peluang pada rumah makan tersebut lebih besar dari ancaman para pesaing usaha kuliner. Hal tersebut dapat meningkatkan dan mempertahankan Rumah Makan Pindang Seruit di masa yang akan datang.

Keyword: Strategi Pemasaran, Persaingan, Kuliner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:29
Last Modified: 11 Jul 2022 06:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5869

Actions (login required)

View Item View Item