Hasanah, Uswatun (2022) Peran Orangtua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 1 Wana Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI USWATUN HASANAH -1801010113 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Orangtua merupakan seorang pendidik yang paling utama dan yang pertama sekaligus teladan yang dapat ditiru oleh anak-anaknya serta bertanggungawab atas pendidikannya, sebab dari Orangtualah anak-anak dapat mulai mengenal dan memahami pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian, kurangnya membimbing anak dan kurangnya pantauan dari Orangtua yang menyebabkan motivasi belajar pada anak masih kurang baik atau sangat minim.
Pertanyaan penelitian ini adalah, bagaimana peran Orangtua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 1 Wana Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Orangtua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 1 Wana Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu sebagai bahan informasi, evaluasi, dan pengetahuan bagi Orangtua, bagi masyarakat dan wawasan bagi peneliti.
Jenis penelitian ini adalah, penelitian kualitatif lapangan (Field Research), dalam penelitian ini peneliti akan menggambarkan peran Orangtua dalam memotivasi belajar pada anak. Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 1 Wana Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa peran Orangtua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemi di SD Negeri 1 Wana sudah berperan, hanya saja Orangtua kurang optimal dan kurang konsisten dalam menjalankan perannya. Sehingga membuat semangat anak kurang dan tidak tekun serta disiplin dalam belajar. Dalam hal ini juga, Orangtua kurang paham mengenai materi atau pelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga Orangtua tidak bisa langsung membimbing dan mendampingi anak agar mau mengulangi apa yang telah dipelajari dan yang telah diajarkan guru sebelumnya. Peran Orangtua yang telah dilakukan yaitu Memberikan Perhatian, Memberikan Motivasi, Melakukan Pendampingan, dan memberikan fasilitas yang anak butuhkan untuk belajar.
Kata Kunci : Peran Orangtua dan Memotivasi Belajar Anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 09:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 09:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5887 |
Actions (login required)
View Item |