Pratika, Mela (2022) Analisis Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa Saat Pembelajaran Daring Dan Luring Terbatas Di SMP Krida Utama Gunung Sugih. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MELA PRATIKA -1801042012 - TMTK.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Negara Indonesia saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19. Dengan kondisi negara saat ini, elemen pendidikan mengalami perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran, yaitu peralihan pembelajaran dari tatap muka (luring) menjadi online (daring). Seiring berjalannya waktu, pembelajaran daring dirasa kurang maksimal membuat pemerintah mengeluarkan keputusan untuk membuka sekolah-sekolah di Indonesia. SMP Krida Utama melaksanakan pembelajaran daring melalui media/aplikasi WhatsApp Group. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran luring terbatas di SMP Krida Utama menggunakan metode ceramah dan penugasan seperti biasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring dan luring di SMP Krida Utama Gunung Sugih.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mix method). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 yang telah menjadi kelas IX tahun pelajaran 2021/2022 SMP Krida Utama Gunung Sugih yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi dan wawancara. Bentuk instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang sudah diuji validitasnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di SMP Krida Utama meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui tiga tahapan tersebut pembelajaran belum efektif dengan beberapa kendala yang dialami guru dan siswa, kendala yang dialami siswa berdampak pada hasil belajarnya. Hasil analisis uji t dapat diketahui bahwa hasil thitung sebesar 6,283 kemudian dilanjutkan dengan melihat ttabel nilai koefisien “t” dari 24 taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5% adalah 2,068. Hal tersebuat berarti thitung > ttabel = 6,283 > 2,068. Berdasarkan angka tersebut berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika saat pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika antara pembelajaran luring sehingga H1 diterima sedangkan H0 ditolak, yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran luring dengan pembelajaran daring di SMP Krida Utama Gunung Sugih. Artinya hasil belajar matematika siswa saat pembelajaran daring lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa saat pembelajaran luring terbatas.
Kata kunci : Perbandingan, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:45 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5893 |
Actions (login required)
View Item |