Hendrawan, Andre (2022) Persepsi Masyarakat Kota Metro Terhadap Merger Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANDRE HENDRAWAN -1804100010 - S1 PBS.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Bank Syariah Indonesia adalah Bank hasil pemergeran 3 Bank umum Syariah BUMN yang sebelumnya adalah (BRIS, BNIS, dan BSM). Alasan dari merger ini adalah bagian upaya dan komitmen pemerintah dalam memajukan ekonomi Syariah sebagai pilar baru kekuatan ekonomi nasional yang juga secara jangka panjang akan mendorong Indonesia sebagai salah satu pusat keuangan Syariah global. Dengan tujuan untuk meningkatkan pangsa pasar perBankan Syariah dan menjadikan perBankan Syariah makin eksis di kalangan masyarakat. Dengan penggabungan ketiga Bank ini nantinya diharapkan mampu berinovasi dan lebih kuat lagi dalam memajukan keuangan Syariah di Indonesia. Berdasarkan hasil prasurvey mengenai merger tiga Bank Syariah di kota Metro yaitu Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah menimbulkan persepsi yang beragam di masyarakat Kota Metro Provinsi Lampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserch) yang dilakukan di kota Metro dengan sifat adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini ada 2 yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari hasil wawancara yang peneliti lakukan terhadap informan yaitu nasabah di salah satu Bank sebelum merger, sedangkan data sekunder pada penelitian ini berupa buku-buku, jurnal, dokumen resmi lainya yang berkaitan dengan teori. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawancara. Setelah data terkumpul maka peneliti menganalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa repon masyarakat di kota metro mengenai pemergeran tiga Bank umum Syariah BUMN menjadi BSI memiliki repon yang positif, banyak masyarakat yang mendukung merger ini. Masayarakat juga berharap agar BSI semakin baik dan dapat bersaing dengan Bank konvensonal. Tetapi kurangnya sosialisasi menjadi salah satu hal yang menjadi polemik masyarakat. Masyarakat mengharapkan adanya sosialisasi yang lebih baik agar masyarakat lebih mengerti tentang perBankan Syariah.
Kata Kunci: Persepsi, BSI, Merger.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:46 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5895 |
Actions (login required)
View Item |