Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI MAN 1 Lampung Timur

Fauzyyah, Aini (2019) Pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 056.FTIK.2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mengajar merupakan bagian dari seni. Namun tidak semua guru dapat merasakan hal yang demikian. Hal ini disebabkan oleh sulitnya mencari metode mengajar yang tepat. Selama ini tidak ada pegangan yang pasti bagi seorang guru untuk mendapatkan metode mengajar yang paling tepat. Tepat atau tidaknya suatu metode baru terbukti setelah mengetahui hasil belajar peserta didik. Umumnya masih berpusat pada guru dan metode yang paling banyak digunakan adalah metode yang monoton sehingga siswa kurang dihadapkan pada persoalan nyata yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari penyelesaian sendiri, atau berinteraksi secara aktif dalam mengikuti pembelajaran, di samping itu kurangnya kepercayaan guru dalam menggunakan metode yang mengakibatkan guru hanya bercerita, memberikan catatan menerangkan dan memberikan tugas kepada siswa jika proses pembelajaran seperti ini berlangsung terus menerus tentunya dapat menyebabkan suasana belajar kurang efektif siswa tidak berperan dan terlibat secara aktif mereka lebih banyak mendengarkan apa yang di sampaikan oleh guru dari pada mencari atau menemukan sendiri pengetahuan dengan kreatifitas diri sendiri dan suasana belajar seperti ini akan memberi dampak kurang baik terhadap hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di MAN I Lampung Timur; Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket langsung, observasi dan dokumentasi. Populasi yang penulis ambil adalah siswa kelas XI MAN I Lampung Timur sebanyak 259 siswa, dan 39 siswa yang dijadikan sampel, maka dengan ini penelitian ini merupakan penelitian sampel.

Berdasarkan hasil pengujian, di peroleh harga chi kuadrat ( hitung) sebesar 15.031. Kemudian harga hitung ini dibandingkan dengan harga tabel sebesar 9,488. Diperoleh nilai hitung lebih besar dari tabel. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh antara penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, penulis menggunakan Koefisien Kontingensi (C). Dari pengujian C, diperoleh harga Chitung = 0,527 kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan ada pengaruh yang cukup erat antara variabel X terhadap variabel Y.

Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Penggunaan Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:19
Last Modified: 15 Oct 2019 08:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item