Ikhwanusofa, Fajar (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs Ma’arif 2 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
fajar Ikhwan)_ 1601010120.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Seorang muslim diharapkan mampu membaca Al-Qur‟an sebagai modal dasar untuk dapat memahami apa yang terkandung di dalam Al-Qur‟an. Membaca Al-Qur‟an bagi umat muslim ialah ibadah kepada Allah SWT. Oleh sebab itu keterampilan baca tulis Al-Qur‟an perlu diajarkan kepada anak sejak dini, sehingga nantinya diharapkan setelah dewasa dapat membaca, menulis, memahami dan mengamalkan Al-Qur‟an dengan baik dan benar, karena sebaik baik seorang muslim adalah yang mempelajari Al-Qur‟an dan mengajarkannya. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, hampir setiap sekolah terutama guru dalam kegiatan belajar mengajar perlu menggunakan metode jitu agar pembelajaran lebih efektif. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode drill. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa kelas VII MTs Ma‟arif 2 Kotagajah ?. Tujuan utama penelitian yaitu untuk menjelaskan pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa kelas VII MTs Ma‟arif 2 Kotagajah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah 37 siswa kelas VII di MTs Ma‟arif 2 Kotagajah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, tes dan dokumentasi. Angket atau kuesioner ditunjukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang penerapan metode drill terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa. Sedangkan dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan sejarah berdirinya MTs Ma‟arif 2 Kotagajah, letak geografis, visi, misi dan tujuan, struktur sekolah, data jumlah siswa dan guru di MTs Ma‟arif 2 Kotagajah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat (Chi Suare) yaitu diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung = 17,004 lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel pada db = 9, untuk taraf signifikan 5% = 9,488, dari hasil perhitungan diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel yaitu 17,004 > 9,488 dengan taraf signifikasi 0,05 (5%) dengan Korelasi yang cukup erat antara Pengaruh Penggunaan Metode Drill dengan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa.
Kata kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Drill
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5912 |
Actions (login required)
View Item |