Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nurul Huda Sukoharjo

Wulandari, Rizky (2022) Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nurul Huda Sukoharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
S-RIZKY WULANDARI 1701010172-2 - Rizkywulan Da.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Metode diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tertanam pula tanggung jawab dan harga diri. Penggunaan metode pembelajaran dapat berpengaruh kepada hasil belajar. Hasil belajar adalah suatu yang didapat dari siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran yang mencangkup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk membuktikan hipotesis bahwa ada―pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTS Nurul Huda Sukoharjo‖ diterima (Ha) atau ditolak (Ho) dan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian berjumlah 26 dan sampel berjumlah 26 dari siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sukoharjo, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment untuk mengukur besarnya pengaruh metode diskusi kelompok dan tingkat signifikansi antara variabel x dan y yang dikonsultasikan dengan r tabel yaitu dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data menggunakan rumus product moment, diperoleh hasil r hitung dengan r tabel. Dari perhitungan tersebut diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel. r hitung sebesar 0,429 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,388. Dengan demikian nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,429 > 0,388). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTS Nurul Huda Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan terhadap metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar yaitu dengan kontribusi sebesar 18%. Hal ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar.

Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok dan Hasil Belajar Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:54
Last Modified: 15 Jul 2022 02:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item