Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Simpanan Ceria Prima Untuk Menarik Minat Masyarakat Di Kecamatan Sendang Agung (Studi Kasus BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional KC Sendang Agung Lampung Tengah)

Istiqomah, Lailatul (2022) Strategi Pemasaran Produk Simpanan Ceria Prima Untuk Menarik Minat Masyarakat Di Kecamatan Sendang Agung (Studi Kasus BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional KC Sendang Agung Lampung Tengah). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
LAILATUL ISTIQOMAH-1804102022-1-1 - Lailatul Istiqomah.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pemasaran yaitu suatu hal yang telah direncanakan oleh seseorang dalam jangka panjang untuk mencapai suatu tujuan tertentu serta target perusahaan mampu berhasil sesuai dengan apa yang telah direncanakan.Salah satu lembaga keuangan yang memberikan penawaran produk simpanan ceria prima adalah BMT Assyafi’iyah KC Sendang Agung yaitu simpanan tersebut dapat diambil sewaktu waktu dan adanya sistem jemput bola.Dalam beberapa tahun terakhir produk simpanan tersebut mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Peneliti memilih jenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional KC Sendang Agung Lampung Tengah.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran produk simpanan ceria prima dalam upaya untuk menarik minat masyarakat di Kecamatan Sendang Agung. Penelitian ini mengggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode induktif.

Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak BMT Assyafi’iyah untuk menarik minat masyarakat pada produk simpanan ceria prima adalah menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place). Dan langkah awal strategi pemasaran yang digunakan adalah promosi, promosi yang dilakukannya yaitu dengan sosialisasi mendatangi daerah daerah yang belum dijangkau oleh pihak BMT Assyafi’iyah, membagikan brosur, mendatangi rumah ke rumah (dor to dor), melaui pendekatan ke masyarakat yaitu jamaah ibu muslimat dan bapak-bapak yasinan, mengenalkan aplikasi ceria digital dan menjelaskan kegunaan aplikasi tersebut, dan strategi yang paling jitu adalah dengan memanfaatkan program sosialnya yaitu program baitul maal.

Kata Kunci: Marketing Mix, Anggota BMT& Simpanan Ceria Prima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:35
Last Modified: 18 Aug 2022 06:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item