Nanda, Eka Mega (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI EKA MEGA NANDA TPM - Eka Mega Nanda.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penguasaan materi matematika masih menjadi kendala bagi sebagian besar peserta didik. Salah satu aspek yang dapat membantu peserta didik untuk menguasai materi matematika dengan baik adalah dengan menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dengan materi sistem persamaan linear dua variabel.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research And Development. Model yang digunakan adalah ADDIE yaitu, Analisys, Design, Development, Impelentation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah koesioner dan waancara, koesioner berupa angket validasi ahli dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi para ahli.
Hasil penelitian ini yaitu (1) produk bahan ajar berupa LKPD berbasis pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI), (2) LKPD memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan demikian dapat dikatakan bahwa LKPD berbasis pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), ADDIE, Pendidikan Matematika Realisti Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 01:02 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 01:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5931 |
Actions (login required)
View Item |