Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Pratiwi, Devi (2022) Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEVI PRATIWI 1801041010 - Devi Pratiwi.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya bahan ajar yang menarik, peserta didik sulit memahami materi, serta pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik di SMP Islam Miftahul Jannah, dibutuhkan sebuah bahan ajar matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mengembangkan e-modul matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear dua variabel, (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Research and development memiliki prosedur yang harus dilaksanakan satu-persatu dalam menghasilkan suatu produk, langkah-langkah tersebut adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Uji coba produk dilakukan sebanyak satu kali dengan uji coba terbatas. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sembilan peserta didik kelas VIII B SMP Islam Miftahul Jannah. Data yang didapat dari penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi matematika mendapat persentase sebesar 77,27% dengan kriteria “layak”, validasi ahli materi agama Islam mendapat persentase sebesar 87,5% dengan kriteria “sangat layak”, validasi ahli media mendapat persentase sebesar 88,69% dengan kriteria “sangat layak”. Setelah divalidasi, kemudian produk diuji cobakan untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil dari respon peserta didik mendapat persentase sebesar 89,67% dengan kriteria sangat menarik, sedangkan hasil evaluasi peserta didik masuk dalam kategori “baik” dengan persentase sebesar 77,78%. Sehingga dapat dikatakan bahwa e-modul matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang dikembangkan oleh penulis layak digunakan.

Kata Kunci: E-modul Matematika, Pendidikan Matematika Realistik, Nilai nilai Keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:46
Last Modified: 18 Aug 2022 06:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item