Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Rawa Pitu

Fitrio, Beni Danuari (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Rawa Pitu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
182Skripsi - Beni Danuari Fitrio - 1801042005 - Beni Danuari fitrio.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan Guru SMPN 4 Rawa Pitu belum memaksimalkan penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual guna memenuhi kebutuhan produktivitas belajar yang efektif di era yang serba digital saat ini. Adapun kualitas produk pengembangan harus memenuhi kriteria yang ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang meliputi:analysis, design, development, implementatio, dan evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu: angket penilaian oleh ahli, angket kepraktisan respon siswa, dan tes hasil belajar (post test).

Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh skor keseluruhan yaitu 273 dengan nilai rata-rata 4,52 termasuk dalam kategori interpretasi “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor keseluruhan yaitu 240 dengan nilai rata rata 4,84 termasuk dalam kriteria interpretasi “Sangat Baik”. Hasil dari respon siswa mendapat respon positif dari pengisian angket respon siswa dengan nilai rata rata persentase sebesar 77% termasuk dalam kriteria “Praktis”. Hasil posttest siswa telah memenuhi kriteria efektif. Hal ini diperoleh dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 73% termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan acuan nilai KKM yang digunakan sekolah SMPN 4 Rawa Pitu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci : Bahan ajar, E-Modul Matematika, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Aug 2022 00:54
Last Modified: 23 Aug 2022 00:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item