Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Lampung Timur

Pitriana, Ade (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Ade Pitriana-1 - Ade Pitriana.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini sangatlah mudah seseorang mendapatkan informasi, misalnya melalui media cetak, media elektronik, buku, atau internet. Di tengah informasi yang banyak tersebut tentu ada informasi yang benar dan tidak. Seseorang harus bisa menganalisa asumsi-asumsi ataupun pendapat yang melandasinya secara logis agar bisa memilah manakah informasi yang harus diambil sebagai informasi yang benar, tidak hanya itu seseorang harus bisa meyakinkan pendapatnya kepada orang lain, untuk melakukan hal demikian seseorang harus memiliki suatu kompetensi berpikir kritis. Begitupun dengan peserta didik. Peserta didik akan dituntut supaya dapat memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, apabila peserta didik mempunyai kemampuan berpikir kritis yang baik, maka peserta didik dapat memilih dan memilah informasi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Berpikir kritis Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Lampung Timur, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MAN 1 Lampung Timur dibuktikan dengan membandingkan nilai fhitung sebesar 13,517 nilai Fhitung = 13,517 > Ftabel = 42,3 dan besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,626. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Ha) dapat diterima dan (H0) di tolak berarti. Besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,303. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,303 atau sama dengan 30,3%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Model Pembelajaran PBL (X) berpengaruh terhadap variabel berpikir kritis (Y) sebesar 30,3%. Sedangkan sisanya (100% - 30,3% = 69,7%) dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: PBL Berpikir Kritis, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:29
Last Modified: 16 Aug 2022 08:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5941

Actions (login required)

View Item View Item