Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-Faktor Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Konvensional dan Impresi Bagi Bank Syariah (Studi Pada UMKM di Kota Metro)

Mareta, Rima Dona Ayu (2022) Analisis Faktor-Faktor Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Konvensional dan Impresi Bagi Bank Syariah (Studi Pada UMKM di Kota Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Aa. pdf 1702100076-RIMA DONA AYU MARETA ,.,. - Copy (1)_compressed (1)_compressed - Rimadona Ayu mareta.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Minat merupakan sebuah penggambaran dari situasi seseorang dalam memprediksi suatu tindakan yang berhubungan dengan rencana konsumen dalam memutuskan untuk menjadi nasabah bank. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi minat masyarakat muslim Kota Metro untuk memilih menggunakan jasa perbankan konvensional antara lain kualitas pelayanan, lokasi, sosial, budaya, dan fasilitas yang dapat berdampak baik bagi Bank Syariah.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor minat masyarakat muslim menjadi nasabah di bank konvensional dan impesi bagi bank syariah di kota metro. Dalam penelitian ini jenis penelitian menggunakan penelitian field research. Sifat penelitian ini aebih memilih Bank Konvensional. Selanjutnya Faktor fasilitas pada Bank Konvensional yaitu adanya ATM serta Outlite Bank Mini yang tersebar dimana-mana, sehingga masyarakat mendapatkan rasa nyaman. Dan Faktor sosial budaya pada Bank Konvensional dimana bank dalam melakukan promosi dapat menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah pada Bank Konvensional. Sedangkan berdasarkan faktor di atas memberikan impresi bagi Bank Syariah yaitu Bank Syariah dalam meningkatkan kualitas pelayanan seperti dapat memberikan respon yang baik, ramah, cepat, serta tidak berbelit. Adapun lokasi cabang Bank yang lebih dekat dari tempat tinggal, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan transaksi. Kemudian dibuka nya Atm dan Outlite Mini berbasis Bank Syariah yang tersebar di mana mana, sehingga minat masyarakat pada Bank Syariah bertambah.

Kata Kunci : Faktor Minat, Nasabah,Impresi Bank

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:11
Last Modified: 15 Aug 2022 03:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item