Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X di MA Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2019/2020

Putra, Agung Karisma (2022) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X di MA Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
AGUNG KARISMA PUTRA-1501010149 - agung kharisma.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan proses belajar. Dengan kata lain, bagaimana seharusnya siswa belajar, akan sangat ditentukan oleh apa hasil yang ingin diperoleh oleh siswa. Berhasil atau tidaknya siswa dalam belajar disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar yaitu yang berasal dari dalam siswa yang belajar (faktor interen), dan ada juga yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksten). seseorang akan bekerja secara profesional bila mana orang tersebut memiliki kemampuan (ability) dan motivasi (motivasion). dapat diketahui bahwasanya suatu pekerjaan yang bersifat profesional memerlukan beberapa bidang ilmu yang secara sengaja harus dipelajari dan kemudian diaplikasikan bagi kepentingan umum.

Penelitian dalam rangka untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas x di sekolah ma ma‟arif 1 punggur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas x di sekolah ma ma‟arif 1 punggur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 siswa dan keseluruhan populasi dijadikan sampeldalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket sebagai isntrumen penelitian yang utama dan dokumentasi sebagai penelitian pendukung.
Hasil penelitian menjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru sebesar 28,60% dan 71,40% dipengaruhi variabel lain. Dan hasil analisis data menggunakan rumus pearson product moment didapatkan nilai rxy sebesar 0,5348 dan rtabel sebesar 0,49 dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai rxy> rtabel sehingga disimpulkan Ha yang diajukan peneliti diterima. Hasil tersebut menujukan bahwa terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepalamadrasah terhadap motivasi kerja guru.

Kata kunci : Hasil Belajar, Profesional Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:18
Last Modified: 27 Jul 2022 01:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item