Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 1 Metro Selatan dengan Metode Problem Solving

Dewi, Sastri Lisma (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 1 Metro Selatan dengan Metode Problem Solving. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SASTRI - Sastri Lisma Dewi.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru harus mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat memantik minat serta potensi nilai siswa. Latar belakang masalah dari penelitian yang telah dilakukan adalah rendahnya hasil belajar siswa. Terdapat beberapa siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang optimal sehingga siswa kurang aktif dalam bertanya maupun menjawab, suasana kelas kurang kondusif, dan kesulitan siswa dalam memahami materi yang mengakibatkan rendahnya nilai belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode Problem Solving pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Selatan.

Penelitian yang telah dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah siswa yang dilibatkan sebanyak 21 siswa pada tanggal 18 april 2022 di SD N 1 Metro Selatan. Data yang diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi. Metode analasis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, penggunaan metode problem solving mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa selalu mengalami peningkatan setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 65% dan pada siklus II 75%. Mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 10%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Jul 2022 09:46
Last Modified: 19 Jul 2022 09:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item View Item