Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Bumiharjo

Yanti, Lusi Dwi (2022) Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Bumiharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUSI DWI YANTI -1701050064 -PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Proses keterampilan komunikasi yang dilakukan oleh antarpribadi atau antarkelompok untuk bertukar pesan baik secara lisan maupun tulis, akan memberikan suasana yang mendukung pembelajaran yang aktif dan efektif bagi peserta didik. Pelaksanaan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 3 Bumiharjo terdapat beberapa kendala baik dalam keterampilan komunikasi lisan maupun tulis. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul analisis keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 3 Bumiharjo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa kelas V di pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 3 Bumiharjo dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan keterampilan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 3 Bumiharjo.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri 3 Bumiharjo mencakup keterampilan komunikasi lisan dan keterampilan komunikasi tulis. Kualitas keterampilan komunikasi lisan dan tulis siswa secara rata-rata tergolong dalam kategori cukup. Hal tersebut ditunjukkan dengan indikator aspek-aspek keterampilan komunikasi lisan melalui hasil observasi dialog siswa dalam Bahasa Indonesia dan hasil observasi tentang aspek-aspek keterampilan komunikasi tulis dalam tulisan karangan siswa. Yang terkait dengaan faktor pendukung keterampilan komuniksi siswa adalah dengan pemberian tema tulisan dan pembicaraan yang menarik dan bermanfaat dan dengan pembekalan keilmuan bahasa. Sedangkan faktor penghambat keterampilan komunikasi siswa mencakup keruntunan dalam menggunakan bahasa, kondisi letih, kondisi mental, bunyi-bunyi yang tidak dikehendaki, indera penglihat, dan kondisi tempat.

Kata Kunci:Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian Kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:55
Last Modified: 27 Jul 2022 00:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item