Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru IPS Dalam Penanaman Nilai Demokrasi Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Way Seputih

Widyaningsih, Lenny (2022) Peran Guru IPS Dalam Penanaman Nilai Demokrasi Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Way Seputih. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LENNY WIDYANINGSIH -1701080012 - IPS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Setiap guru harus menanamkan nilai demokrasi, begitu juga guru IPS disetiap jenjang pendidikan terutama pada saat proses pembelajaran. Karena pendidikan tidak hanya mengajarkan pengetahuan dan keterampilan tetapi juga sikap nilai demokrasi. Berdasarkan Prasurvey di SMP Negeri 1 Way Seputih masih terdapat siswa yang penerapan nilai demokrasinya masih rendah seperti masih ada siswa yang pasif tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, tidak percaya diri atau selalu menggantungkan diri pada orang lain, malu untuk menyampaikan pendapat atau bertanya, belum bisa menghargai seorang guru, dsb. Hal tersebut terjadi karena belum tertanam dalam diri siswa terkait nilai demokrasi. Dengan demikian, para guru khususnya guru IPS memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai demokrasi pada siswa.

Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana peran guru IPS dalam menanamkan nilai demokrasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Way Seputih?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran Guru IPS dalam penanaman nilai demokrasi pada siswa di SMP Negeri 1 Way Seputih.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Sumber datanya yaitu Guru IPS kelas VII dan beberapa siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian, peranan yang dilakukan guru IPS dalam proses penanaman nilai demokrasi pada siswa di SMP Negeri 1 Way Seputih yaitu: a) sebagai pendidik, guru mengaitkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai demokrasi seperti bertanya, mengemukakan pendapat dan berkelompok. b) Sebagai pembimbing, guru IPS dalam mengajar selalu membantu siswa yang tidak aktif dan membantu siswa untuk memahami materi yang sulit dipahami oleh siswa dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. c) sebagai teladan, guru memberi contoh untuk menghargai dan menghormati suatu perbedaan seperti agama, suku dan ras, selain itu guru IPS menghargai orang yang sedang berbicara dan tidak memotong pembicaraan orang. d) sebagai motivator, guru selalu memberi motivasi kepada siswa diawal dan akhir pembelajaran, dan guru selalu memberi reward atau nilai tambahan kepada siswa yang aktif bertanya atau berani mengungkapkan pendapat.

Kata Kunci: Peran Guru IPS, Penanaman Nilai Demokrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:46
Last Modified: 27 Jul 2022 00:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5983

Actions (login required)

View Item View Item