Sartini, . (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membimbing Akhlak Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Ma’arif 6 Seputih Raman Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SARTINI -1701010245 - PAI.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan menjadi hal yang sangat serius dalam masyarakat luas, ketika moralitas akan berdampak pada pendidikan yang tidak menjadikan manusia kehilangan kemanusiannya. Peran guru akidah akhlak dalam panggung pendidikan untuk memainkan peran sebagai penyampai informasi dan teladan bagi anak didiknya dalam mengajar bukanlah perilaku yang bebas, pembinaan akhlak kepada para siswa diperlukan kerjasama dari seluruh warga sekolah, seperti adanya kerjasama antara kepala madrasah dengan semua guru, baik guru akidah akhlak maupun guru mata pelajaran, karakter profesional guru memiliki tugas mendidik, mengarahkan, membimbing, melatih dasar kekuatan dan mental siswa, serta mengevaluasi siswa. membimbing akhlak siswa dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan memberikan pengajaran dan kegiatan yang dapat membentuk kebiasaan berakhlak yang baik dalam membimbing akhlak siswa guru telah mengetahui dan menyadari bila hanya ditekankan kepada aspek pengetahuan namun kurang sampai pada praktek dan pengalaman kurang efektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru akidah akhlak dalam membimbing akhlak siswa kelas X Madrasah Aliyah Ma’arif 6 Seputih Raman.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan fenomena lingkungan yang terjadi, adapun pengumpulan datanya dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan metode dokumentasi, metode observasi dan metode interview dan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini tentang Peran yang pertama ialah sebagai pendidik yaitu berperan dalam membantu perkembangan siswa kearah yang lebih baik yaitu membentuk kepribadian anak seperti Minat, bakat, kemampuan yang dimiliki siswa tidak akan berkembang secara optimal. Peran yang kedua ialah sebagai pembimbing yaitu guru sangat berpengaruh dalam membimbing akhlak siswa, karena kehadiran guru di madrasah adalah untuk membimbing anak didik agar memiliki akhlak yang mulia contoh bimbingan yang diberikan ialah sholat berjamaah, bimbingan yang dilakukan oleh guru sampai siswa terbiasa melakukan perbuatan baik lainnya. Peran yang ketiga ialah guru sebagai model dan teladan bagi siswanya, menjadi teladan, tentu saja pribadi dan apa saja yang dilakukan guru akan mendapat sorotan dari siswanya dan lingkungan sekitar melalui model dan tauladan dengan berperilaku yang sopan, berpakaian yang rapi, dan mengajarkan datang tepat waktu. Peran guru keempat ialah sebagai penasehat, yaitu guru dapat menyadari perannya sebagai orang kepercayaan dan penasehat secara mendalam, ia harus memahami psikologi kepribadian dan ilmu kesehatan mental. Guru sebagai penasehat memiliki tugas untuk mengajarkan, mendidik, dan menasehati siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5988 |
Actions (login required)
View Item |