Nindari, Mifta Ayu (2022) Implementasi Managemen Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Nurul Hidayah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Dusun 02 Desa Mujirahayu Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MIFTA AYU NINDARI -1701010143 - PAI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, termasuk juga organisasi pendidikan, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia danpencapaian tujuan akan lebih sulit. Manajemen juga dibutuhkan dalam setiappembelajaran, karena pada dasarnya pembelajaran merupakan upaya untukmengarahkan anak didik kedalam proses belajar sehingga mereka dapatmemperoleh tujuan belajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendidikan dibutuhkan oleh semua kalangan, terlebih bagi usia anak. Karena anak dilahirkan secara fitrah maka anak mulai dikembangkan dengan pendidikan Manajemen yang baik menentukan baik buruknya pembelajaran, bagaimana seorang guru menggunakan metode yang tepat, penyediaan alat belajar yang cukup, dan suasana kelas yang kondusif. Itu semua sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Permasalahan penelitian adalah: Bagaimanakah implementasi managemen pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di TPA Nurul Hidayah di Dusun 02 Desa Mujirahayu Lampung Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan fenomena lingkungan yang terjadi, adapun pengumpulan datanya dengan primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan metode dokumemtasi, metode observasi dan metode interview dan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini tentangperencanaan pembelajaran, pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran di TPA Nurul Hidayah, yaitu dengan musyawarah antar pengurus dan musyawarah dengan para ustadz dan ustadzah yang dilaksanakan satu bulan sekali. Yang dalam musyawarah tersebut membahas tentang tujuan pembelajaran, membuat kebijakan menentukan waktu pembelajaran. Pembelajaran di TPA Nurul Hidayah, yaitu dengan cara hasil dari musyawarah yang sudah dalam bentuk jadwal pelajaran, kemudian diberikan jadwal mengajar untuk ustadz dan ustadzah, dan pembagian kelas untuk santri, serta menentukan materi yang akan diajarkan. pelaksanaan pembelajaran di TPA Nurul Hidayah yaitu dengan konsep para santri, ustadz menjawab salam, ustadz mengabsen, kemudian materi, dilanjutkan mengaji, do‟a penutup majelis pengawasan pembelajaran di TPA Nurul Hidayah, dengan cara pengurus TPA mengawasi ustadz dan ustadzah, dan para ustadz dan ustadzah mengawasi santri apakah agar dapat mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Evaluasi pembelajaran di TPA Nurul Hidayah ada dua mata pelajaran, yaitu: yang pertama dalam membaca iqra‟ atau al-Qur‟an dilaksanakan setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:45 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5990 |
Actions (login required)
View Item |