Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekragaman Hayati Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah

Noka, Anggy Salsabila (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekragaman Hayati Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANGGY SALSABILA NOKA -1801062003 -T. BIOLOGI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Hasil prasurvey yang dilakukan di MA Ma’arif 9 Kotagajah ditemukan suatu permasalahan yaitu guru saat proses pembelajaran belum melibatkan siswa dengan lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan sumber belajar buku paket dan LKS, belum melibatkan siswa dengan lingkungan dan memanfaatkan potensi alam sekitar pada saat proses pembelajaran biologi pada materi keanekaragaman hayati. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah, untuk menganalisis kelayakan LKPD berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah, untuk menganalisis respon pendidik dan peserta didik terhadap produk LKPD berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Peneliti hanya pada sampai tahap Development (Pengembangan). Hasil validasi oleh validator serta uji respon produk menunjukan bahwa LKPD berbasis Group Investigation pada materi keanekaragaman hayati sebagai sumber belajar siswa kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil presentase validasi dan uji respon. Hasil presentase yang diperoleh dari masing-masing yaitu hasil validasi ahli materi diperoleh presentase 89%, validasi ahli media diperoleh presentase 88%, respon guru diperoleh presentase 91%, respon siswa diperoleh presentase 92% dan semua hasil tersebut masuk dalam kategori “sangat layak”. LKPD berbasis Group Investigation pada materi keanekaragaman hayati sangat layak digunakan sebagai sumber belajar biologi.

Kata kunci: LKPD, Group Investigation, Keanekaragaman Hayati, Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:42
Last Modified: 27 Jul 2022 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item