Aprilia, Antika (2022) Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Huruf pada Anak Usia Dini di TK PGRI Saptomulyo Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANTIKA APRILIA -1801031001- PIAUD.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak didik TK PGRI Saptomulyo mengalami kesulitan dalam membedakan bentuk, tulisan dan bunyi huruf-huruf yang hampir serupa. karena guru lebih cenderung menggunakan tulisan dan lisan saja. Guru tidak menggunakan metode atau media yang mampu merangsang pemahaman anak dengan mudah. Sehingga anak-anak merasa tidak tertarik sehingga menganggap itu sulit dan membingungkan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar mampu meningkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf pada anak usia dini di TK PGRI Saptomulyo Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf dalam penggunaan media gambar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bentuk huruf pada anak usia dini di TK PGRI Saptomulyo. Penelitian dilaksanakan di TK PGRI Saptomulyo pada kelompok usia 5-6 tahun (B1) Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini didesain dengan penelitian Tindakan kelas. Variabel x dalam penelitian ini adalah media gambar dan variabel y adalah mengenal bentuk huruf. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengambilan data penelitian yang digunakan adalah menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakn dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan berhasil apabila mencapai persentase 80% pada Berkembang Sangat Baik (BSB).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pada kondisi awal hasil yang dicapai anak pada kriteria Belum Berkembang (BB) 60%, Mulai Berkembang (MB) 20%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 7% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 13%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh peningkatan akhir yang dicapai adalah sebagai berikut, pencapaian kriteria Berkembang (BB) 40%, Mulai Berkembang (MB) 7%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 13% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 40%. Tindakan berikutnya pada siklus II meningkat menjadi, pencapaian kriteria Berkembang (BB) 7%, Mulai Berkembang (MB) 7%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 7% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 80%. Dengan demikian proses pelaksanaan tindakan penelitian kelas yang telah peneliti lakukan yaitu bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf di TK PGRI Saptomulyo Kecamatan Kotagajah.
Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Mengenal Bentuk Huruf
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5996 |
Actions (login required)
View Item |