Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MTs Al-Fatah Desa Sidomakmur Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022

Nurwiti, Titin (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MTs Al-Fatah Desa Sidomakmur Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI TITIN NURWITI -1701010251- PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik di MTs AL-Fatah Desa Sidomakmur Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terjadi di MTs AL-Fatah Sidomakmur, yaitu kurangnya akhlak baik pada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik di MTs AL-Fatah Sidomakmur. Dengan strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik ini diharapkan agar meningkatnya akhlak yang baik pada peserta didik. Pertanyaan penelitian bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik di MTs AL-Fatah Sidomakmur. Tujuan penelitian ini yaitu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi-strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak pada diri peserta didik di MTs Al Fatah Sidomakmur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Sumber dari penelitian ini adalah guru akidah akhlak MTs AL-Fatah Sidomakmur dan beberapa peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, melalui analisis dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik adalah yang pertama guru akidah akhlak menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan metode pembiasaan, yaitu guru menyampaikan materi dalam bentuk verbal dan jelas, contoh materi yaitu adab kepada guru, orang tua, dan sesama, dan pembiasaannya yaitu izin ketika hendak keluar kelas, memberi salam ketika bertemu guru dan teman, dan membuang sampah pada tempatnya, kemudian kedua yaitu strategi afektif dan metode keteladanan, yaitu guru lebih menekankan pada pembentukan perilaku peserta didik, yaitu guru memberi peraturan untuk selalu datang tepat waktu, berpakaian rapih, berbicara yang sopan, dan tepat janji. Ketiga strategi pembelajaran kooperatif dan metode pembiasaan, seorang guru memberi tugas dalam bentuk kelompok kecil, agar peserta didik mampu bekerja sama, menghargai, menerima pendapat, dan bertanggung jawab, keempat yaitu strategi CTL, pembelajaran yang memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik, yaitu guru memberi tugas lapangan dengan mengamati fenomena akhlak dan perilaku yang ada disekeliling kita, agar peserta didik mampu untuk gigih dalam menemukan suatu hal.

Kata kunci: Strategi guru, akhlak peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:43
Last Modified: 27 Jul 2022 00:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item