Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kendala Pembelajaran IPA Terpadu Secara Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Metro

Hakim, Annisa (2022) Analisis Kendala Pembelajaran IPA Terpadu Secara Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANNISA HAKIM -1801060007- T. BIOLOGI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Sejak pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan dengan tidak efektif dan tidak efesien bagi pendidik maupun peserta didik. Pembelajaran dengan sistem online tidak sepenuhnya dapat mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan suatu proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hal ini disebabkan oleh adanya kendala pada komponen pembelajaran IPA Terpadu. Oleh karena itu pemerintah menghimbau agar diterapkan pembelajaran secara Blended learning yang dianggap tepat dan dapat dijadikan alternatif model belajar yang mampu membaurkan proses belajar secara online.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi dalam pembelajaran IPA Terpadu secara Blended Learning pada masa pandemi Covid 19 SMP Negeri 5 Metro berdasarkan subjek pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik dengan kendala akademis dan kendala teknis. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan wawancara. Pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan interactive model.

Hasil dari penelitian angket pendidik dan peserta didik, kendala pembelajaran yang paling tinggi terdapat pada indikator kendala orang tua dengan kategori “kendala cukup”. Setelah divalidasi melalui wawancara, dapat disimpulkan terdapat tiga indikator kendala akademis pembelajaran IPA Terpadu secara Blended learning SMP Negeri 5 Metro yaitu kendala pendidik, kendala peserta didik, dan kendala orang tua. Kendala teknis meliputi kendala jaringan/sinyal dan kendala Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Kendala Pembelajaran, Pembelajaran Blended Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:43
Last Modified: 27 Jul 2022 00:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item