Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Di Kelas VII MTs Wali Songo Sukajadi Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah

Khaliza, Ika Nur (2022) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Di Kelas VII MTs Wali Songo Sukajadi Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IKA NUR KHALIZA -1701010127- PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran adalah bentuk serangkaian kegiatan yang melibatkan informasi dan lingkungan yang telah disusun secara terencana untuk memudahkan para peserta didik dalam belajar. Pembelajaran juga termasuk sebuah upaya dari pendidik untuk membantu para peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar karena pembelajaran merupakan sesuatu yang dilakukan oleh pendidik, dan dibuat untuk peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di MTs Wali Songo bahwa masih terdapat siswa yang memiliki hasil belajar rendah khususnya pada mata pelajaran fiqih yang belum mencapai hasil yang optimal. Pada saat proses pembelajaran masih banyak siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan, serta tidak berperan aktif saat di dalam kelas. Dari permasalahan tersebut, dapat dirumuskan masalahnya yaitu “Apakah ada pengaruh yang postif dan signifikan penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih di kelas VII MTs Wali Songo.Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih di kelas VII di MTs Wali Songo Sukajadi Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah

Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengeksploitasi data lapangan dengan metode analisis data deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Wali Songo kelas VII tahun 2021/2022 yang berjumlah 178 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling yang dilakukan dengan cara mengambil 6 siswa secara acak pada masing-masing kelas dengan jumlah sampel 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode statistik korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil dari perhitungan analisis data, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,975. Setelah dikonsultasikan dengan taraf 5% sebesar 0,339, maka nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,975 > 0,339) jadi hipotesis penelitian diterima. Apabila rhitung dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 1% sebesar 0,436, maka nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,627 > 0,436) jadi hipotesis penelitian diterima. Koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y memiliki nilai yang positif yaitu sebesar 0,975 yang terletak antara interval koefisien 0,800-1.000 dengan keterangan memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih di kelas VII MTs Wali Songo memiliki korelasi yang sangat kuat.

Kata Kunci : Penerapan Metode Demonstrasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:41
Last Modified: 27 Jul 2022 00:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item View Item