Hanif, Abdul (2022) Problematika Guru Dalam Blended Learning Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri 14 Martapura Oku Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ABDUL HANIF -1801051001 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Problematika guru dalam Blended Learning merupakan kendala atau permasalahan yang dihadapi oleh guru pada pelaksanaan Blended Learning baik yang terjadi ketika melaksanakan pembelajaran secara tatap muka maupun ketika melaksanakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Problematika yang terjadi dapat mengganggu dan mempersulit guru dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang sesuai agar problematika tersebut dapat diatasi sehingga diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, problematika yang dihadapi oleh guru dan juga solusi yang dilakukan guru dalam Blended Learning pada pembelajaran tematik di SD Negeri 14 Martapura OKU Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara dengan wali kelas III SD Negeri 14 Martapura OKU Timur. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan Blended Learning di kelas III SD Negeri 14 Martapura OKU Timur yang dilaksanakan yang dimulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran mengalami problematika atau kendala yang dihadapi oleh guru kelas ketika pelaksanaan Blended Learning sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Adapun problematika yang dihadapi oleh guru yaitu kurangnya waktu pelaksanaan pembelajaran, guru mengalami kesulitan dalam mendesain kegiatan pembelajaran, keterbatasan guru dalam menggunakan teknologi, serta kurangnya akses internet dan mahalnya biaya kuota internet. Adapun solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika tersebut yaitu, guru selalu berusaha agar materi pembelajaran dapat dipahami oleh siswa, melakukan pemasangan WIFI sekolah, guru selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa agar dapat melakukan pendampingan ketika pembelajaran dilakukan secara daring, serta guru selalu mengingatkan siswa agar terus mengulang materi pembelajaran yang telah dipelajari.
Kata Kunci: Problematika Guru, Blended Learning, Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:40 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6009 |
Actions (login required)
View Item |