Sari, Dewi Yulita (2019) Hubungan Antara Peran Guru dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santritpa Nurul Yaqin Rantau Fajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
DEWI YULITA SARI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencanadalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertaqwa, berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci al-Qur’an dan al-Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman.Salah satu materi Pendidikan Agama Islam adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Membaca al-Qur’an dianggap ibadah bagi orang yang membacanya. Salah satu tempat pengajaran membaca al-Qur’an adalah TPA. Untuk mencapai tujuan program di TPA, makatidak terlepas dari peran seorang guru sebagai pengajar. Sehubungan dengan hal tersebut maka akan dilakukan analisis mengenai hubungan antara peran guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an santri TPA Nurul Yaqin Rantau Fajar.
Berdasarkan hasil pra-survaymenyebutkan bahwa peran guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an santri TPA Nurul Yaqintersebut tidak sesuaidengan fakta yang ada, yakni guru sudah melaksanakan perannya sebagai pengajar namun masih banyak santri yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik sesuai kaidah yang benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan Hubungan Antara Peran Guru Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an SantriTPA Nurul Yaqin Rantau Fajar. Bentukpenelitian ini adalahpenelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi sebab-akibat. Selanjutnya untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket dan metode test sebagai metode pokok dalam penelitian. Kemudian untuk menganalisa data digunakan rumus product moment. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha (Ada Hubungan) : Hubungan Antara Peran Guru Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an SantriTPANurul Yaqin Rantau Fajar. Berdasarkan deskripsi di atas maka hasil analisa data yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment menghasilkan ????????????atau rhitung sebesar 0,655.
Hasil menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,468dan taraf signifikan 1% adalah 0,590. Atau 0,655 > 0,468, dan 0,655 > 0,590. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ha: (Ada Hubungan)yang penulis ajukan diterima yakni ada Hubungan Antara Peran Guru Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an SantriTPANurul Yaqin Rantau Fajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 02:09 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 02:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/601 |
Actions (login required)
View Item |