Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Masyarakat Kelurahan Yukum Jaya Terhadap Layanan Mobile Bangking

Pamungkas, Cinde (2022) Persepsi Masyarakat Kelurahan Yukum Jaya Terhadap Layanan Mobile Bangking. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
CINDE_PAMUNGKAS_1804101018 -.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dan pelayanan yang pesat telah mempengaruhi industri perbankan, seperti halnya mobile banking merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi tersebut. Saat ini sudah banyak bank yang telah menyediakan akses mobile banking untuk mengetahui
informasi keuangan. Kondisi tersebut merupakan salah satu perbaikan layanan terhadap nasabah. Melalui mobile banking, nasabah dapat mengakses produk dan jasa perbankan dengan menggunakan smartphone.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
masyarakat kelurahan Yukum Jaya Terhadap Layanan Mobile Banking. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat
deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu
dengan mendeskripsikan dan menganalisis apa yang dinyatakan oleh responden baik secara lisan maupun tertulis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi atau tanggapan masyarakat Kelurahan Yukum Jaya terhadap layanan mobile banking sangat baik karena fitur aplikasi mobile banking yang mudah dan sangat membantu dalam keperluan bertransaksi, namun terdapat beberapa kendala seperti jaringan yang kurang stabil. Dengan mengatasi jaringan yang kurang stabil pengguna aplikasi mobile banking memiliki operator jaringan yang kuat, dengan pembaruan aplikasi
pada mobile banking. Implikasi dari penelitian ini adalah pihak bank berkesinambungan meningkatkan layanan mobile banking. Keterbatasann dari penelitian ini adalah jaringan yang kurang stabil di daerah-daerah tertentu dan sewaktu-waktu sering terjadi ketika pengguna hendak melakukan transaksi dan dapat dibahas bahwa pengetahuan masyarakat akan kemudahan layanan transaksi mobile banking sudah baik, dimana masyrakat sudah jarang melakukan transaksi secara langsung ke ATM (Automatic Teller Machine), dikarenakan pengetahuan akan kemudahan pada aplikasi mobile banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:41
Last Modified: 27 Jul 2022 00:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6016

Actions (login required)

View Item View Item