Safitri, Ageng Nia (2022) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Materi Geometri Di Kelas IV SD Negeri 2 Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AGENG NIA SAFITRI -1601050040 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penerapan pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 menjadi keharusan bagi semua sekolah. Akibatnya ada sekolah yang siap dan ada juga yang belum siap dalam melaksanakan pembelajaran daring.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran daring pada materi geometro di kelas IV selama pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada materi geometri di kelas IV SD Negeri 2 banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif ekspots facto, yaitu penelitian yang mendeskripsikan tentang pembelajaran yang sudah terlaksana. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, data display, dan Conclusion Drawing/ Verification.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada materi geometri di kelas IV dilaksanakan melalui aplikasi whatsapp. Namun, pembelajaran tidak berjalan dengan lancar akibat kendala pada peserta didik yang tidak memiliki smatrphone. Maka, guru mengalihkan pembelajaran daring menjadi pembelajaran luring sementara dengan sistem pemberian tugas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: Pembelajaran daring, Geometri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 30 Jul 2022 16:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2022 16:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6023 |
Actions (login required)
View Item |