Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Wirausaha Terhadap Minat Penggunaan Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Pedagang Sembako di Desa Banjarrejo 38 B Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

Priyanti, Resta Wahyu (2022) Persepsi Wirausaha Terhadap Minat Penggunaan Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Pedagang Sembako di Desa Banjarrejo 38 B Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RESTA WAHYU PRIYANTI -1804101078 - S1 PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga. Bank Islam atau biasa disebut dengan bank tanpa bunga atau Perbankan Syariah adalah lembaga keuangan atau perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan pada Al Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif atau field research yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pedagang sembako di Desa Banjarrejo 38 B yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Adapun metode pengumpulan data yaitu (1) Wawancara (2) Dokumentasi, serta metode analisa yaitu mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Persepsi wirausaha di Desa Banjarrejo 38 B terhadap perbankan syariah yang mayoritas masih keliru. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi wirausaha di Desa Banjarrejo 38 B terhadap minat penggunaan produk perbankan syariah khususnya para pedagang sembako.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dikalangan pedagang sembako masih banyak tanggapan yang merumuskan persepsi mereka bahwa bank syariah itu sama saja dengan bank konvensional. Dari hasil wawancara peneliti dengan pedagang sembako ada beberapa alasan yang membuat pedagang sembako tersebut masih kurang faham dengan bank syariah yaitu pertama, istilah bank syariah masih asing menurutnya karena istilah yang digunakan di bank syariah jarang di dengar hal ini yang menyebabkan kesulitan para pedagang sembako dalam memahami bank syariah, kedua pedagang masih terbiasa dengan adanya bank konvensional karena mereka beranggapan bahwa bank konvensional masih jauh lebih baik dari bank syariah, ketiga kurangnya sosialisasi dari pihak bank syariah kepada pedagang sembako sehingga para pedagang lebih tertarik untuk menggunakan bank konvensional.

Kata Kunci:, Perbankan Syariah, Persepsi, Pedagang Sembako

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Jul 2022 16:58
Last Modified: 30 Jul 2022 16:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item