Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pelayanan Prima Di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Lampung Tengah

Kuntari, Despy Sri Wahyu (2022) Implementasi Pelayanan Prima Di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DESPY SRI WAHYU KUNTARI -1602100021- S1 PBS.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Kegiatan pelayanan dikenal istilah pelayanan prima, yang artinya adalah kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dari mewujudkan kepuasannya, agar mereka selalu royal kepada perusahaan. BMT Assyafiiyah adalah sebuah lembaga dalam memberikan pelayanannya dengan cara melakukan pendekatan dari karyawan kepada anggota. Seperti budaya organisasi yang diterapkan oleh BMT Assyafi'iyah Berkah Nasional dengan semboyan kerja bekerja dan melayani anggota dengan suasana hati gembira, ikhlas semangat dan antusias.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip pelayanan prima pada koperasi simpan pinjam dan pembiayaan Syariah BMT Assyafiiyah Kota Gajah Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pelayanan prima di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah BMT Assyafi'iyah Berkah Nasional Kotagajah dilakukan dengan cara para karyawan memberikan kemudahan akses dalam menggunakan jasa atau aplikasi ceria digital, para karyawan juga harus memiliki rasa tanggung jawab serta berkompeten dalam bidangnya. Selain itu juga para karyawan harus cepat dalam memberikan pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para anggota, dan memiliki sikap keterbukaan terhadap anggota. prinsip-prinsip pelayanan prima yang diterapkan oleh BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kota Gajah antara lain: kesederhanaan, kejelasan, keamanan, kepastian waktu, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan serta kenyamanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Jul 2022 16:58
Last Modified: 30 Jul 2022 16:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item