Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Sebagai Media Belajar Materi Vertebrata Untuk Siswa Kelas X SMA

Eryawati, Yeni (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Sebagai Media Belajar Materi Vertebrata Untuk Siswa Kelas X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YENI ERYAWATI -1801061036 - T. Biologi.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran materi Vertebrata dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan guru di MA Ma’arif 14 Bumi Nabung masih berupa buku cetak dan modul. Serta masih banyaknya siswa yang belum memahami materi Vertebrata, sehingga perlunya inovasi media pembelajaran berupa video pembelajaran pada materi Vertebrata untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan tidak monoton dengan menggabungkan materi Vertebrata.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video pembelajaran yang dikembangkan untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyse (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).

Hasil validasi produk yang dikembangkan telah dinyatakan “Sangat Baik” untuk diujicobakan oleh validator dengan hasil validasi ahli materi 85,3% dan hasil validasi ahli media 89,3%, sedangkan hasil uji coba produk yang dikembangkan telah dinyatakan “Sangat Baik” dengan hasil respon uji coba guru 88% dan hasil respon uji coba peserta didik 97,8%.

Kata kunci: Media Belajar, Video Pembelajaran, dan Materi Vertebrata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Jul 2022 16:57
Last Modified: 30 Jul 2022 16:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6028

Actions (login required)

View Item View Item