Wijayanti, Zellin (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Di SD Negeri 1 Taman Cari Kecamatan Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ZELLIN WIJAYANTI -1801051064 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses, metode dan media implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SD Negeri 1 Taman Cari Kecamatan Purbolinggo.
Penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research), hal ini dilakukan untuk menjelaskan berbagai macam persoalan-persoalan yang berkenaan dengan pokok permasalahan yang dikaji. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sudah berjalan dengan baik meskipun tidak maksimal. Metode yang digunakan oleh guru dalam menanam nilai – nilai karakter meliputi tiga macam. Pertama, pemahaman. Siswa diajarkan untuk memahami maksud dan tujuan dari nilai-nilai yang sedang dipelajari. Pemahaman merupakan fondasi awal bagi perubahan perilaku, karena tanpa memahami makna suatu nilai karakter individu tidak dapat mencapai tujuan dari nilai-nilai yang diajarkan. Kedua, pengulangan atau pembiasaan. Guru membiasakan siswa untuk menerapkan nilai – nilai tertentu berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat. Ketiga, keteladanan. Perilaku – perilaku guru merupakan bagian dari pembelajaran, siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, melainkan juga merekam seluruh gerak – gerik guru yang tampil dengan karakter positif. Media yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai – nilai karakter yaitu media poster. Pemilihan poster yang baik untuk pendidikan karakter akan sangat membantu sekali dalam meminimalisasi kekeringan karakter di kalangan para pemuda. Poster memiliki kekuatan dramatik yang begitu tinggi untuk memikat dan menarik perhatian. Cara mengunakan poster untuk pendidikan karakter, yaitu: (1) digunakan sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar; dan (2) digunakan di luar proses kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Field Research, Metode Pemahaman, Pengulangan, Keteladanan, Media Poster.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 30 Jul 2022 16:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2022 16:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6032 |
Actions (login required)
View Item |