Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kedisiplinan Waktu Belajar Pai Pada Siswa Pengguna Game Online ( Studi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah )

Romdon, Muhammad (2022) Kedisiplinan Waktu Belajar Pai Pada Siswa Pengguna Game Online ( Studi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah ). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
skripsi romdon 2022 - M Romdon.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Disiplin akan membuat seseorang tahu dan dapat membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan, yang tak sepatutnya dilakukan (karena merupakan hal-hal yang dilarang). Game online akan mengurangi aktivitas positive yang seharusnya dijalani oleh anak pada usia perkembangan seperti mereka. Anak yang mengalami ketergantungan pada aktivitas gamers, akan mencari waktu walaupun tidak lama untuk membuka Handphone yang di bawanya sehingga waktu belajar yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk belajar, tetapi oleh mereka dipergunakan untuk Game Online.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Metode penelitian menggunakan tenknik pengumpulan data dengan wawancara kepada siswa dan memperoleh hasil Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti kepada 3 orang siswa dan 2 orang siswi mengenai kedisiplinan belajar PAI pada siswa pengguna game online.

Hasil dari Kedisiplinan Waktu Belajar PAI pada Siswa Pengguna Game Online adalah mereka dapat mengatur waktu belajar, membagi waktu belajar, pengelompokkan waktu belajar, dan disiplin terhadap tugas sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat mencapai hasil yang di inginkan. Dampak negatifnya adalah masih ada sebagian siswa yang dalam mengatur waktu belajar, membagi waktu belajar, pengelompokkan waktu belajar, dan disiplin terhadap tugas masih kurang dapat memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga beberapa diantara mereka masih ada yang bermain game di kelas bahkan pada saat jam guru tidak masuk, serta tugas di rumah juga ada yang sampai mengerjakan di sekolah. Dampak positifnya adalah siswa yang dalam mengatur waktu belajar, membagi waktu belajar, pengelompokkan waktu belajar, dan disiplin terhadap tugas akan lebih santai dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, karena mereka sudah mengatur dan mengelompokan seseuai dengan jadwal yang diberikan oleh pihak sekolah. Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran akan diperoleh dengan maksimal sesuai target pembelajaranya. Kata kunci : Kedisiplinan, Waktu Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:39
Last Modified: 11 Aug 2022 07:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item