Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Ssiswa Kelas V di SDN 1 Mataram Ilir

Purwanti, Eka (2022) Pengaruh Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Ssiswa Kelas V di SDN 1 Mataram Ilir. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
EKA PURWANTI 180105200-1 - Eka Purwanti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah adalah motivasi yang diberikan oleh orangtua dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan agar anak mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian
ini yakni apakah ada Pengaruh Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Mataram Ilir Tahun 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi Pengaruh Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Mataram Ilir Tahun 2020/2021.

Penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunkan sampel dari populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 10 orangtua siswa/siswi yang diambil dari populasi yang berjumlah 52 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada 5 orangtua siswa dan 5 orangtua siswi untuk mencari data tentang motivasi orangtua, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar matematika, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa kelas V SDN 1 Mataram Ilir.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada Pengaruh Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Mataram Ilir. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 19,0938 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh sangat kuat, dari hasil perhitungan koefisien determinasinya pengaruh motivasi orangtua memiliki pengaruh sebesar 80% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Mataram Ilir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:27
Last Modified: 01 Nov 2022 04:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item