Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMP N 1 Bumi Agung

Kusnaedi, Esy (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMP N 1 Bumi Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ESY KUSNAEDI - 1701040005.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah, sehingga tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut dikarenakan bahan ajar yang digunakan saat ini belum maksimal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari analisis kebutuhan siswa menunjukan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKPD berbasis pemecahan masalah, mengembangkan LKPD yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and
Development), model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini melibatkan 30 siswa dalam uji coba lapangan. Pada penelitian ini menggunakan intrumen pengumpulan data yang meliputi intrumen angket dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menghitung persentase kevalidan/kelayakan LKPD dari hasil validasi para ahli, menghitung persentase respon guru dan siswa untuk melihat kepraktisan LKPD, dan menghitung persentase ketuntasan hasil tes siswa untuk mengetahui keefektifan LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan antara lain: 1) menghasilkan LKPD berbasis pemecahan masalah, 2) LKPD yang dihasilkan layak digunakan berdasarkan penilaian kevalidan oleh para ahli yang menunjukan hasil persentase kevalidan sebesar 86,67% dengan kriteria sangat valid, 3) bahan ajar LKPD praktis digunakan dalam proses pembelajaran diperoleh dari respon guru dan siswa dengan mendapat persentase sebesar 93,52% dengan kriteria sangat praktis, 4) LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diketahui dari hasil uji efektifitas yang mendapat persentase sebesar 86,67% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah bahan ajar LKPD berbasis pemecahan masalah yang layak, praktis dan efektif digunakan oleh siswa dan guru di sekolah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:14
Last Modified: 23 Aug 2022 01:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6066

Actions (login required)

View Item View Item