Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas II SD Negeri 8 Metro Timur Kota Metro

Rummaini, Vifid (2022) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas II SD Negeri 8 Metro Timur Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI VIFID RUMMAINI -1801051060 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Orang tua merupakan guru pertama dan utama bagi anak-anaknya karena dari orang tua anak akan mendapat kasih sayang dan bimbingan yang pertama kalinya. Munculnya pandemi covid 19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya pendidikan. Pendidikan pada masa pandemi ini dilakukan dengan daring. Pembelajaran daring ini kurang efektif karena terdapat beberapa kendala seperti orang tua yang mempunyai tanggungan pekerjaan, orang tua yang tidak memahami materi pelajaran, kuota dan signal internet yang tidak memadai bahkan ada orang tua yang tidak memiliki handphone. Selain kendala dari orang tua terdapat kendala dari anak-anak seperti malas, bosan, dan lebih suka bermain daripada belajar. Hal tersebut membuat materi pelajaran tidak bisa tersampaikan dengan baik sehinga banyak siswa yang kurang mengerti dan paham dengan materi pelajaran. Oleh karena itu, peran orang tua sebagai pengganti guru di rumah sangat dibutuhkan dalam membimbing, mendidik, memotivasi dan memfasilitasi anak-anaknya di rumah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam kegiatan belajar anak dalam pembelajaran daring siswa kelas II SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD NEGERI 8 Metro Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa peran orang tua terhadap pembelajaran daring terdapat beberapa hal penting. Pertama orang tua sebagai pendidik yaitu memberikan tauladan yang baik, mengajak kebaikan Dan mencontohkan hal-hal yang baik. Kedua orang tua sebagai pembimbing yaitu dengan menjelaskan ulang materi yang diberikan guru, mengajari anaknya, orang tua membimbing dan mandampingi anaknya dalam belajar. Ketiga peran orang tua sebagai pendorong atau motivator yaitu membujuk, menunggu mood, mengajak bercerita dan bermain agar anak dapat termotivasi dalam belajar. Keempat peran orang tua sebagai fasilitator yaitu memenuhi sarana dan prasarana dalam belajar seperti handphone, kuota, kamus, buku belajar, dan alat tulis lainnya.

Kata Kunci: Orang Tua, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:09
Last Modified: 15 Aug 2022 04:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item