Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Di Kelas IV SDN 2 Purwodadi

Safira, Martina Vidya (2022) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Di Kelas IV SDN 2 Purwodadi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MARTINA VIDYA SAFIRA -1601050067 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Soal cerita dianggap sulit dan menjadi momok menakutkan bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan dalam menyelesaikan soal cerita siswa harus menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan dan dituntut untuk memilik kemampuan dalam memahami permasalahan yang terdapat didalam soal dan kemampuan dalam menemukan penyelesaian permasalahan untuk menjawab soal yang telah diberikan pada saat proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Purwodadi yang berjumlah 12 orang siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam meyelesaikan soal cerita matematika, kesalahan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan tes. Sedangkan teknik anlisis data menggunakan tiga cara yaitu, reduksi data, penyajian data, dan menarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan dikelas IV SDN 2 Purwodadi: Kemampuan memahami masalah diperoleh nilai rata-rata sebesar 31% dengan kategori cukup; kemampuan merencanakan pemecahan masalah diperoleh nilai-rata rata sebesar 64% dengan kategori sangat baik; kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata sebesar 54% dengan kategori cukup baik; dan kemampuan memeriksa kembali diperoleh nilai rata-rata sebesar 12% dengan kategori sangat rendah. 2) Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan adalah: dari 12 siswa yang mengikuti tes diperoleh 2 orang siswa atau 17% dikategori tinggi, kesalahan siswa karena tidak menuliskan kesimpulan dilembar jawaban; 7 orang siswa atau 58% dikategori sedang, kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan karena tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, kesalahan siswa dalam perhitungan, kesalahan siswa karena tidak membuat dan menuliskan kesimpulan diakhir jawaban; 3 orang siswa atau 25% dikategori rendah dengan kesalahan yang dilakukan siswa karena tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal, kesalahan siswa karena tidak menuliskan rumus/model matematika dan langkah/cara penyelesaian, kesalahan siswa karena tidak membuat dan menuliskan kesimpulan diakhir jawaban yang telah dikerjakan, serta kesalahan siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan.

Kata kunci: Kemampuan siswa, soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:09
Last Modified: 15 Aug 2022 04:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item