Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan Metode Cerita Dalam Pengembangan Sosial Anak Usia Dini Di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kab. Lampung Timur

Lestari, Evi Dwi (2022) Pelaksanaan Metode Cerita Dalam Pengembangan Sosial Anak Usia Dini Di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kab. Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EVI DWI LESTARI -1701030006 - PIAUD.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Cerita merupakan rangkaian peristiwa yang disampaikan, baik berupa kejadian nyata (non Fiksi) maupun tidak nyata (fiksi). Dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini untuk mengambangkan sosial anak diantaranya dengan kegiatan bercerita atau mendongeng yang bermuatan kisah-kisah moral dalam pergaulan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sosial anak usia dini di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur, dan mengetahui pelaksanaan metode cerita dalam pengembangan sosial anak usia dini di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menjelaskan mengenai pelaksanaan metode cerita dalam pengembangan sosial anak usia dini di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan sosial anak sudah berkembang sesuai harapan sesuai dengan indikator pengembangan sosial anak 5-6 tahun diantaranya, mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya dan transportasi), memiliki prilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain, dan memiliki prilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari hari. Dimana dalam pelaksanaan metode cerita melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup, kemudian menggunakan cara-cara atau trik untuk menarik perhatian anak agar tetap fokus pada cerita, dan memberikan ringkasan diakhir cerita atau pesan dari cerita yang telah disampaikan.

Kata Kunci : Metode Cerita, Pengembangan Sosial Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:15
Last Modified: 23 Aug 2022 01:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item