Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 9 Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match di SDIT Insan Mulia

Sari, Ida Ayu (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 9 Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match di SDIT Insan Mulia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
IDA AYU SARI 1801051028 - Ida Ayu Sari.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil prasurvey yang dilaksanakan pada Senin, 11 Oktober 2021 bahwa hasil belajar siswa kelas V A pada mata pelajaran IPA masih rendah sehingga mengakibatkan nilai siswa belum mencapai
KKM yang telah ditetapkan. Penyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu Kesulitan siswa dalam memahami materi IPA, Proses pembelajaran yang kurang aktif, Siswa Kurang memperhatikan guru saat proses pembelajarandan Penerapkan model pembelajaran yang belum beragam. oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V A pada mata pelajaran IPA di SDIT Insan Mulia.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDIT Insan Mulia yang berjumlah 19 siswa pada materi IPA Tema 9 yakni “Materi dalam Kehidupan sehari-hari”. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
yaitu Observasi, Tes dan Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan guru dan siswa, serta kisi-kisi soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VA SDIT Insan Mulia pada tema 9 mata pelajaran IPA setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dengan rata-rata presentase pada siklus I adalah 58% mengalami peningkatan pada siklus II
sebesar 21% menjadi 79%. Tindakan penelitian diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kreteria keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada Tema 9 mata pelajaran IPA kelas V A di SDIT Insan Mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:16
Last Modified: 23 Aug 2022 01:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item View Item