Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Tik Tok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di MAN 1 Lampung Timur

Asy’arie, Bima Fandi (2022) Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Tik Tok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di MAN 1 Lampung Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
TESIS - Bima FA - PAI - Nay Key.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan merupakan salah satu bagian dari kompetensi profesionalisme pendidik. Pemanfaatan media sosial untuk proses pembelajaran berbasis multimedia dalam proses belajar mengajar menjadi pilihan utama bagi seorang guru untuk membangkitkan minat, motivasi, rangsangan dalam kegiataan belajar yang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan pembelajaran awal saat ini, kemudian dilakukan model baru dengan mengembangkan pembelajaran Akidah Akhlak melalui media tik tok untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Lampung Timur, karena kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan di sekolah tersebut khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak masih terbatas pada penggunaan media microsoft power point dan metode ceramah, sehingga masih terkesan kurang efektif.

Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan research and development. Sedangkan sampel desain pembelajaran ini menggunaan metode Dick and Carry dengan istilah model ADDIE. Sedangkan sampel yang diambil dari kelas XI IPA, IPS dan IAI yang berjumlah 85 peserta didik. Penelitian ini menggunakna pola one group pre-test and pos-test. Data yang digunakan adalah nilai ulangan harian sebelum dan setelah diberi perlakuan, kemudian dianalisis untuk mencari uji keefetivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran melalui aplikasi tik tok yang digunakan memiliki tingkat keefektifan, kemenarikan, ketertarikan dan kepraktisan yang tinggi. Adapun perolehan dari validasi ahli materi mendapatkan rengpersentase 83,5%, ahli desain pembelajaran memperoleh rengpersentase 84,0% dan ahli media pembelajaran dengan perolehan rengpersentase 84,4%. Temuan ini didukung oleh fakta lapangan dimana nilai rata-rata ulangan harian meningkat 60% dan memperoleh tingkat kepraktisan dengan rengpersentase 4,8%. Kata Kunci: Media Tik Tok, Pembelajaran Akidah Akhlak, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:56
Last Modified: 10 Aug 2022 05:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item