Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Promosi, Pengetahuan, dan Lokasi terhadap Minat Menjadi Nasabah BANK Umum Syariah (Desa Margo Bhakti Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Pranata, Didi (0054) Pengaruh Promosi, Pengetahuan, dan Lokasi terhadap Minat Menjadi Nasabah BANK Umum Syariah (Desa Margo Bhakti Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Didi Pranata 1804101027-- Didi Pranata.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perbankan syariah pada tahun 2021, yang merupakan upaya pemerintah untuk membangun industri berbasis Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh Promosi, Pengetahuan, dan Lokasi Terhadap Minat Menjadi Nasabah
Bank Umum Syariah (BUS).

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistik deskriptif dan sumber data primer penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert, kemudian masyarakat di Desa Margo Bhakti Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu mengambil sampel secara acak pada masyarakat desa untuk dijadikan responden. Penelitian menggunakan rumus Slovin yaitu mengambil jumlah sampel dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden kemudian data yang telah didapatkan diolah menggunakan aplikasi
IBM SPPS 25 for Windows. penelitian ini dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan koefisien determinasi (R2).

Hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing variabel Promosi (X1) = 2,368, Pengetahuan (X2) = 2,509, Lokasi (X3) = 2,564 memiliki nilai thitung ≥ ttabel 1,987. Nilai tersebut membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, Kemudian diperoleh hasil koefisien determinasi (R2
) sebesar 12,9%. Angka tersebut menunjukan bahwa 12,9% variabel Minat (Y) dipengaruhi oleh Promosi, Pengetahuan, dan Lokasi. Sedangkan sisanya 87,1% minat menjadi nasabah bank umum syariah (BUS) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:30
Last Modified: 25 Aug 2022 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item