Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan BMT di Masa Covid (Studi Kasus di BMT ARTHA BUANA METRO)

Delvia, Resy (2022) Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan BMT di Masa Covid (Studi Kasus di BMT ARTHA BUANA METRO). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RESY DELVIA 1804101079_- Resy DeLvia.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan fenomena yang ada dimasa covid, dimana banyaknya persaingan antar lembaga keuangan dibidang usaha yang sama, hal ini menuntut BMT Artha Buana menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat bertahan lama dan memiliki pendapatan yang maksimal. Jika strategi pemasarannya tidak tepat akan berimbas kurang maksimalnya pendapatan yang diperoleh, selain itu dapat mengalami kerugian. Tetapi jika strategi yang diterapkan tepat, maka keuntungan mengalami peningkatan pendapatan yang maksimal. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran untuk meningkatkan pendapatan BMT dimasa covid.

Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung terjun ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, dan dokumentasi. Setelah dipelajari dan ditelaah, maka langkah selanjutnya memilih dan mengambil data-data mana saja yang diperlukan. Data-data yang telah dipilih kemudian dikategorisasikan hingga
tersusun secara sistematis.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT Artha Buana Metro dalam meningkatkan pendapatan sangat baik, dengan menerapkan system marketing mix/bauran pemasaran yang terdiri dari 7P yaitu produk dan pelayanan (produk and service), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), lingkungan fisik (physical evidence), dan proses (process). Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang paling efektif dalam peningkatan pendapatan BMT dimasa covid ialah strategi Produk dan Pelayanan (produk and service). Strategi tersebut merupakan strategi yang paling berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan BMT Artha Buana dimasa covid. Hanya saja kurang optimal pada bagian promosi menggunakan website atau media sosial, seharusnya ditingkatkan lagi supaya mempermudah mengakses dan mengetahui infomasi tentang BMT Artha Buana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:09
Last Modified: 15 Aug 2022 04:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6116

Actions (login required)

View Item View Item