Berliana, Della Amalia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa PKN Kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DELLA AMALIA BERLIANA -1801050013 - PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan, maka permasalahan yang peneliti temukan yaitu siswa kurang memahami penjelasan yang disampaikan guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, siswa kurang minat dalam belajar, dan siswa cenderung pasif saat pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusat tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimental jenis one-group pretest-posttest. Pre-eksperimental jenis one-group pretest-posttest adalah penelitian yang terdapat dua pelaksaan tes, yaitu pretest dan pretest. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji n-gain sebanyak 6 siswa atau 46% siswa mengalami peningkatan hasil belajar PKn dengan kategori tinggi, 3 siswa atau 23% siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang, 1 siswa atau 8% siswa mengalami peningkatan dengan kategori rendah, dan 3 siswa atau 23% mengalami peningkatan dengan kategori tetap. Nilai rata-rata n-gain diperoleh sebesar 0,6 yang artinya peningkatan hasil belajar PKn mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan pada penelitian ini model CTL memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD N 8 Metro Pusat.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 08:41 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 08:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6122 |
Actions (login required)
View Item |