Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Punggur

Jannah, Yulita Miftahul (2022) Peran Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YULITA MIFTAHUL JANNAH -1803022034 - BPI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Punggur yang meliputi: Satu: Peran Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Punggur. Dua: Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Punggur, dalam pelaksanaan bimbingan pribadi, pelaksanaan bimbingan belajar, dan pelaksanaan bimbingan sosial

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fiel research) yang bersifat deskriftip kualitatif. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obsrvasi, dan dokumentasi, wawancara di lakukan kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pungur, Guru Bimbingan Konseling, dan Siswa SMA Negeri 1 Pungur. Dokumentasi diambil sebagai memperoleh data-data yang berkaitan tentang peran layanan bimbingan konseling dalam membina karakter siswa serta data-data dukung di SMA Negeri 1 Pungur.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peran layanan guru bimbingan konseling adalah proses bantuan kepada siswa, mengarahkan siswa untuk menggali potensi-potensi yang ada pada diri siswa, dan untuk memberikan motivasi kepada siswa. Pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam membina karakter siswa melalui layanan pribadi, sosial dan layanan belajar. Adanya program yang dilakukan oleh sekolah seperti memberikan jadwal supervisi minimal satu semester sekali. Adapun kendala dalam layanan tersebut yaitu Keterbatasan Sumber Daya Manusia, belum adanya jam khusus untuk memberikan layanan klasikal, dan Siswa belum mengetahui peran layanan bimbingan konseling sehingga pelaksaanya pasif. Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada Kepala Sekolah untuk memberikan waktu guru BK supaya dapat melakukan pembinaan secara klasikal, untuk Membangun kerja sama terkait untuk membangun minat, bakat dan potensi masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:30
Last Modified: 25 Aug 2022 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item