Khotimah, Khusnul (2022) Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs N 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI KHUSNUL KHOTIMAH -1701020006 - PBA.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal kosakata bahasa arab pada siswa kelas VII Mts N 1 Lampung Timur dengan menerapkan model pembelajaran simulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam pelaksanaannya terdapat dua siklus dan seiap siklus tiga kali pertemuan, pada setiap siklus terdapat empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran simulasi dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa arab kelas VII Mts N 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2021/2022, dimana nilai tes siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Hal tersebut dikarenakan total nilai tes di akhir siklus 1 sebesar 2.392 dan di akhir siklus 2 sebesar 2.551. Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus 1 sebanyak 21 orang (65%), sedangkan siswa belum tuntas di akhir siklus 1 sebanyak 11 orang (34%), Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus 2 sebanyak 25 orang (78%) sedangkan siswa belum tuntas di akhir siklus 2 sebanyak 7 orang (21%). Berdasarkan hal tersebut diketahui adanya peningkatan ketuntasan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 13%. Oleh karena itu hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu “Penerapan model pembelajaran simulasi dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa arab pada siswa kelas VII Mts N 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 01:29 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 01:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6133 |
Actions (login required)
View Item |