Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Mambaul Ulum Metro Timur

Latifah, Ani Warosatul (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Mambaul Ulum Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANI WAROSATUL LATIFAH -1801081006 - IPS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Mambaul Ulum Metro Timur.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Metro Timur yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B yang berjumlah 36 siswa, penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu sampel yang menggunakan keseluruhan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran role playing dan satu kelas lagi digunakan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan test dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, instrument test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal.Adapun nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 62.25 dan untuk kelas kontrol adalah 61.25.

Setelah diketahui kemampuan awal kedua kelas, selanjutya siswa diberikan perlakuan yang berbeda pada materi mobilitas sosial.Kemudian diperoleh hasil post-test pada kelas eksperimen rata-rata adalah 73.75 dan kelas kontrol rata-rata adalah 70.94.

Berdasarkan uji statistik t diperoleh H0 ditolak pada taraf signifikansi α= 0,05 atau 5% dan dk = n1 + n2 - 2 = 20 + 16 - 2 = 34. Maka harga t (0,05:34)= 4.060. Dengan demikian nilai thitung dengan ttabel diperoleh thitung> ttabel yaitu 4.060 > 3.601.Hal ini dapat ditarik kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Mambaul Ulum Metro Timur.

Kata Kunci : Metode Role Playing, Mata Pelajaran IPS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:29
Last Modified: 25 Aug 2022 01:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6134

Actions (login required)

View Item View Item