Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Matematika Di SDN Haduyang Ratu Kecamatan Bunga Mayang

Silvira, Nanda (2022) Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Matematika Di SDN Haduyang Ratu Kecamatan Bunga Mayang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NANDA SILVIRA -1801051040 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Fun Teaching adalah metode pembelajaran dimana peserta didik merasa senang, nyaman, tenang, dan tidak ada tekanan dalam belajar. Fun merupakan prinsip belajar menyenangkan sedangkan Teaching adalah mengajak anak untuk belajar yang menyenangkan. Satu hal yang penting dalam peserta didik melakukan kegiatan belajar adalah adanya motivasi untuk mencapai tujuan tertentu. Namun pada kenyataanya masih banyak motivasi peserta didik masih rendah dalam pembelajaran matematika, hal ini disebabkan karena pembelajaran matematika kurang diminati oleh peserta didik, saat guru memberikan tugas terkadang ada beberapa peserta didik bermalas-malasan untuk mengerjakannya, dan kurangnya peserta didik memperhatikan dan berkontribusi saat pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Fun Teaching pada pembelajaran matematika di SDN Haduyang Ratu. Jenis penelitian yang digununakan yaitu penelitian kualitatif deskritif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode Fun Teaching pada pembelajaran matematika di SDN Haduyang Ratu berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Peserta didik memiliki gairah dan semangat yang tinggi selama pembelajaran yang ditunjukan dengan adanya hasrat dan keinginan dalam belajar (peserta bertanya kepada guru bila mengalami kesulitan dan peserta didik tidak pernah berhenti dalam mengerjakan tugas), dorongan dan kebutuhan dalam belajar (peserta didik selalu berusaha mengerjakan tugas yg sulit), ketertarikan dalam belajar (antusian dalam mengikuti pembelajaran), dan lingkungan belajar yang kondusif (Peserta didik tidak bermain dengan teman saat pembelajaran dan peserta didik belajar dengan serius).

Kata Kunci : Fun Teaching, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:13
Last Modified: 23 Aug 2022 01:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item