Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Di SDN 13 Tumijajar

Kusumawati, Mia (2022) Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Di SDN 13 Tumijajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MIA KUSUMAWATI -1801050033 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Internalisasi nilai peduli sosial sangat penting dilakukan guru di sekolah dasar. Sekolah membentuk karakter peduli sosial, nilai-nilai dari karakter peduli sosial, dengan memberikan bimbingan, pemahaman dan keyakinan supaya karakter peduli sosial yang ada pada peserta didik semakin berkembang dan dapat ditanamkan dengan baik dan penuh kesadaran. Namun pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang memiliki karakter peduli sosial kurang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik siswa kelas IV di SDN 13 Tumijajar dan seberapa jauh perkembangannya terhadap siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan adalah guru SDN 13 Tumijajar telah melakukan perannya dalam mengembangkan karakter peduli sosial dengan baik. Peran tersebut diantaranya guru sebagai pendidik memberi contoh yang baik kepada peserta didik. Guru sebagai pengajar bisa merespon, mendengarkan, dan menyediakan model pembelajaran yang menarik. Sebagai motivator guru memberikan motivasi dan dorongan sebelum pembelajaran dimulai. Sebagai sumber belajar guru menyelipkan nilai-nilai karakter peduli sosial dalam pembelajaran. Guru sebagai fasilitator memberikan kenyamanan dan kemudahan peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru sebagai demonstrator memberikan pemahaman bahwa peduli terhadap sesama itu penting. Guru sebagai pembimbing mengarahkan peserta didik agar memiliki karakter peduli sosial sejak dini. Sebagai evaluator guru memberikan penilaian terhadap peserta didik tentang sejauh mana karakter peduli sosial itu melekat dalam diri peserta didik.

Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Peduli Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:13
Last Modified: 23 Aug 2022 01:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6151

Actions (login required)

View Item View Item