Istiqomah, Ayu (2022) Pengembangan Media Handout Elektronik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI SMA Kesuma Bhakti. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI AYU ISTIQOMAH -1801061007 -T. Biologi.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran handout elektronik materi sistem pencernaan manusia sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI SMA yang dilatar belakangi pada keterbatasan media yang digunakan dalam pembelajaran yang berlangsung. Media yang digunakan oleh guru biologi dalam pembelajaran berupa, buku, torso, poster dan ppt. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu, ceramah, disertasi, tanya jawab. Sehingga peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi biologi khususnya sistem pencernaan manusia yang dirasa materi ini cakupannya lebih luas, dan banyak nama-nama ilmiah pada organ sistem pencernaan yang sulit untuk dipahami, dan memerlukan media baru yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dalam membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, terlebih di SMA Kesuma Bhakti belum tersedia handout baik berupa cetak maupun elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan handout elektronik materi sistem pencernaan manusia sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI SMA, menganalisis kelayakan media handout elektronik oleh ahli media dan ahli materi, serta menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap media handout elektronik yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode R&D (Reserch and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa wawancara dan angket (kuesioner). Hasil penelitian dari validasi ahli media dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan presentase akhir sebasar 90% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli materi dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan presentase akhir sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil dari guru biologi mendapatkan presentase sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”, dan respon rata-rata peserta didik mendapatkan presentase sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya handout elektronik materi sistem pencernaan manusia ini “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Handout Elektronik, Sistem Pencernaan Manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 08:12 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 08:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6157 |
Actions (login required)
View Item |